Beranda Teknologi Baterai Mudah Lowbat? Berikut Ini Cara Menghemat Baterai Smartphone

Baterai Mudah Lowbat? Berikut Ini Cara Menghemat Baterai Smartphone

29
0

Komponen terpenting pada smartphone adalah Baterai. Itulah mengapa, setiap pengguna telopon gengam harus membutuhkan baterai yang sehat untuk bisa melakukan segala kebutuhan di smartphonenya.

Dengan seiring berjalanya waktu, cepat atau lambat kesehatan baterai pasti akan menurun dan usia pemakaian dan sel-sel lithium-ion di dalamnya sudah menua dan tidak sehat. Semua itu tergantung bagaimana cara menggunakan anda Smartphone, seperti pola ngecas smartphone, menghidup dan matikan smartphone, aplikasi yang bekerja di background, dan lain-lain.

Tapi tenang saja disini ingin membagikan tips pengalaman untuk menjaga baterai tetap awet dan memperpanjang umur usia baterai, berikut adalah tipsnya.

Cara Menghemat Usia Baterai Smartphone

1. Hindari dari Overcharging
Usahakan ketika Smartphone sedang pengisian Daya, Hindari pengecasan baterai secara over diluar batas rekomendasi pengisian baterai pada smartphone tersebut. Walaupun pada umumnya perusahaan smartphone sudah menanamkan fitur over-charge protection. Tetapi tidak ada salahnya untuk menjaga tetap terus hindari dari overcharging.

2. Menjaga Siklus Pengisian Daya Baterai
Usahakan hindari pengisian baterai di saat tingkat daya sedang terlalu rendah. Pengaruhnya adalah hal itu akan membuat smartphone kita akan membutuhkan tegangan yang lebih besar sehingga dapat menimbulkan panas.

3. Gunakan Fitur Power Saver
Semua smartphone zaman sekarang sudah mendukung Fitur Power Saver. Dibeberapa smartphone biasanya fitur ini akan aktif secara otomatis ketika tingkat daya baterai mencapai level tertentu.

Fitur ini berguna untuk membantu anda mengelola setiap pengeluaran baterai Anda untuk bertahan lebih lama. Perlu diingat menggunakan fitur ini memungkinkan adanya pembatasan dalam sejumlah penggunaan fitur berat di perangkat Anda.

4. Hindari Panas
Jangan biarkan Smartphone kita Overheat, sering dialami ketika kita sedang menggunakan Smartphone kita dalam diluar ruang dan terpapar sinar matahari. Agar tidak overheat, gunakan smartphone dengan bijak, seperti mematikan aplikasi dari background dan menggunakan kamera hanya saat perlu.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai
Sering kali setiap Pengguna Smartphone memiliki aplikasi terinstal yang sering aktif di belakang layar (background), akibatnya adalah menguras baterai pada smartphone anda. Maka dari itu, jika anda memiliki aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi tetapi sering mendapat notifikasi, jangan ragu untuk diuninstall saja.

6. Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan
Aplikasi yang banyak mengandung iklan akan memperpendek umur baterai pada smartphone anda dan membuat performanya menurun. serta membuat baterai boros.

7. Matikan Mode Getar
Mode Getar di Smartphone membutuhkan daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih. Mode Silent sebaiknya digunakan saat kamu tidak ingin membuat keributan. Dengan begitu konsumsi baterai bisa diminimalisir.

8. Atur Brightness Pada Layar
Saat sedang menggunakan Smartphone usahakan untuk tidak menggunakan tidak terlalu terang, atur layar brightness sesuai dengan penglihatan anda agar tidak membuat mata kita tidak sakit akibat cahaya yang terlalu terang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here