Beranda Otomotif Penyebab Oli Motor Tidak Naik ke Kepala Silinder

Penyebab Oli Motor Tidak Naik ke Kepala Silinder

21
0

Banyak pengendara motor yang mengeluhkan masalah oli motor tidak mampu naik ke kepala silinder, alhasil kendaraannya sering cepat panas bahkan hingga overheat meski ditengah-tengah perjalanan. Mungkin saja Anda termasuk ke dalam kumpulan orang-orang yang pernah mengalami masalah tersebut.

Jika iya, pastinya Anda bingung kira-kira apa penyebab oli motor tidak naik ke kepala silinder. Maka dari itu, kami akan menjabarkan beberapa penyebabnya di bawah ini.

Oli motor yang tidak naik ke kepala silinder bisa jadi karena pompa oli motor rusak sehingga ia tidak mampu menyemprotkan oli ke seluruh bagian yang seharusnya dilumasi oleh oli. Permasalahan satu ini memang kerap terjadi, terlebih lagi usia motor yang Anda gunakan sudah lama.

Lantas apa sajakah penyebab oli motor tidak naik ke kepala silinder? Berikut daftar penyebabnya:

1. Adanya Kotoran atau Kerak Menyumbat Jalur Oli
Menumpuknya kerak atau kotoran pada mesin pastinya akan jadi penghambat jalur oli atau bisa jadi paking itu sendiri yang menghalangi oli untuk naik ke kepala silinder. Hal ini dikarenakan saat memasang pakingnya kurang tepat atau tidak memperhatikan adanya jalur oli.

Cara mengatasinya yaitu apabila lubang saluran olinya buntu, maka Anda dapat membersihkan dengan bantuan angin kompresor. Namun, jika memang pakingnya yang menyebabkan tersumbat, maka gantilah komponen tersebut.

2. Oli Mesin Terlalu Kental
Pemakaian oli yang terlalu kentang juga bisa menghambat kelancaran oli saat menuju ke kepala silinder. Maka dari itu, sebaiknya Anda memakai oli mesin bawaan pabrik motor atau oli mesin yang encer dan berkualitas bagus agar alirannya lebih lancar.

3. Pompa Oli Sudah Mulai Rusak
Layaknya komponen lain, pompa oli yang terus dipaksa bekerja akan mengalami masa-masa ‘lelah’. Pompa oli sendiri menjadi bagian utama dalam penyaluran oli menuju ke bagian atas kepala silinder.

Jika pompa oli sudah mulai rusak, maka pompa itu tidak akan kuat lagi mendorong oli ke kepala silinder. Salah satu cara mengatasi pompa oli hanya ada dua peluang, yakni bersihkan pompa olinya karena mungkin ada kotoran yang menyumbat atau Anda bisa mengganti pompa oli dengan komponen yang baru.

4. Takaran Oli Mesin
Penyebab oli motor tidak naik ke kepala silinder lainnya adalah takaran oli mesin yang kurang dari takarannya. Oli mesin untuk motor bebek biasanya sebanyak 0,8 liter, sedangkan untuk motor sport memakai oli sebanyak 1 liter.

Jika Anda mengabaikan takaran ini, maka motor pun akan kekurangan oli sehingga tidak mampu naik ke bagian kepala silinder. Kalau sudah begini, maka akan memicu kerusakan lainnya yang lebih fatal seperti suara mesin jadi kasar, pelatuk klep aus, piston macet, noken as aus, dan mesin motor mati total.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here